Selasa, 17 April 2012

Verb 1: Pengertian Verb




Verb adalah “King in English” (raja dalam bahasa Inggris), dalam arti bahwa sebuah kalimat dalam bahasa Inggris tidaklah lengkap tanpa verba. Sebuah kalimat tunggal (simple sentence) dalam bahasa Inggris harus mengandung sebuah verba. Bahkan Anda dapat membuat sebuah kalimat lengkap yang hanya mengandung sebuah verba saja, misalnya “Stop!” (Berhendti!), yang kalau diuraikan bisa menjadi “You must stop!” (Anda harus berhenti!).

Anda tidak bisa menggunakan jenis kata atau kelas kata lain (nomina, adjektiva, adverbia dsb.) dengan cara seperti ini. Misalnya: “Book!” (Buku!). Kata terakhir ini tidak bisa dikatakan sebagai sebuah kalimat lengkap. (kecuali dalam bahasa Inggris percakapan atau informal)

Jenis-jenis Verb:

Action Verb dan State Verb
Verba disebut sebagai action verb (verba perbuatan) apabila menyatakan adanya suatu perbuatan, yaitu “melakukan” sesuatu. Misalnya, kata-kata seperti run, fight, do dan work menunjukkan adanya suatu perbuatan. Kata-kata seperti itu disebut action verb.

Verba yang tidak menunjukkan adanya suatu perbuatan disebut state verb (verba keadaan), yang kadang-kadang disebut juga verb be (verba “be”). Sebenarnya tidak hanya “be” (atau “to be”) yang termasuk ke dalam jenis verba seperti ini. Kata-kata seperti exist, seem dan belong juga menyatakan suatu keadaan.

Keberadaan verba dalam sebuah kalimat selalu disertai dengan subject. Dalam kalimat “John speaks English”, misalnya, John adalah “subject” dan speaks adalah “verb”. Juga dalam kalimat “Betty is a teacher”, misalnya, Betty adalah "subject" dan is adalah ”verb”.

Jadi, ada dua jenis verb, yaitu:
action verb (John speaks English.)
state verb (Betty is a teacher.)

Ada sesuatu yang sangat khusus dalam verba bahasa Inggris. Kalau jenis-jenis kata lain (adjektiva, adverbia, preposisi dll.) tidak pernah berubah bentuk, walaupun noun ada yang singular dan ada yang plural, hampir semua verba bisa berubah bentuk. Misalnya verba work mempunyai 5 perubahan bentuk, yaitu:  to work, work, works, worked, working.

Perubahan bentuk verba ini ditentukan oleh berubahnya subject dan tense, yang akan diuraikan lebih lengkap pada bagian-bagian lain nanti.

Bila dibandingkan dengan bahasa-bahasa asing lain, bahasa Jerman misalnya, yang mempunyai puluhan “kasus”, perubahan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris ini sangatlah sedikit.



_____________________
Kalau ada pertanyaan, saran atau pendapat, silakan tulis di kolom Komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar