Senin, 07 Mei 2012

Noun 2: Countable Noun

Countable Noun (Nomina Terhitung)


Nomina terhitung mudah dikenali. Nomina ini adalah "orang" atau "benda" yang "terhitung" atau "dapat dihitung". Yang dimaksud dengan “dapat dihitung” di sini adalah kita dapat menghitung jumlahnya, apakah hanya satu atau lebih dari satu. Misalnya. Misalnya pen (pena). Kita bisa mempunya one pen (satu pena), two pens (dua pena), thre pens (tiga pena) dan seterusnya. Beikut inibeberap kata yang termasuk nomina terhitung:
·    dog (anjing), cat (kucing), animal (hewan), man (manusia, laki-laki), person (orang)
·    bottle (botol), box (kotak), litre (liter)
·    coin (uang logam), note (catatan), dollar (dolar)
·    cup (cangkir), plate (piring), fork (garpu)
·    table (meja), chair (kursi), suitcase (kopor), bag (tas)
Nomina terhitung dapat berbentuk singular (tunggal) atau plural (jamak), misalnya:
·    My friend is playing. (Teman saya sedang bermain.)
·    My friends are hungry. (Teman-teman saya lapar.)
Pada umumnya bentuk jamak dari nomina terhitung adalah bentuk tunggal + -s atau –es, tetapi ada beberapa yang bentuk jamaknya berbeda sama sekali dari bentuk tunggalnya, misalnya:
·    I have a child. (Saya mempunyai satu orang anak.)
·    She has many children. (Dia mempunyai banyak anak.)
Kita bisa menggunakan indefinite article (artikel tak tentu) a/an (sebuah, seorang, seekor dsb.) yang berarti “satu” untuk nomina terhitung, misalnya:
·    A dog is an animal. (Seekor anjing adalah seekor hewan.) → Anjing adalah hewan.
·    She needs an umbrella. (Dia memerlukan sebuah payung.) → Dia perlu payung.
Ø Catatan: Dalam bahasa Indonesia, “artikel” seperti ini seringkali dihilangkan tanpa mengubah arti.
Berbeda dengan bahasa Indonesia, apabila sebuah nomina terhitung bersifat “tunggal”, maka kita “harus” menggunakan determiner seperti a, the, my, this  dsb., misalnya:
·    I want an orange. (Saya mau jeruk → bukan: I want orange.)
·    Where is my bottle? (Di mana botol saya? → bukan: Where is bottle?)
Nomina terhitung jamak tidak selalu disertai dengan “satuan” seperti two, some, many dsb. Apabila berlaku umum, nomina tersebut bisa berdiri sendiri, misalnya:
·    I like oranges. (Saya suka jeruk.) → “jeruk” dalam arti umum
·    Bottles can break. (Botol bisa pecah.) → “botol” dalam arti umum
Kita bisa menggunakan determiner “some” (beberapa, dalam kalimat positif) atau “any” (beberapa, dalam kalimat tanya dan kalimat positif) seperti dalam contoh berikut ini:
·   I have some dollars. (Saya punyauang  beberapa dolar.)
·   I 've got some pens. (Saya punya beberapa pena.)
·    Do you have any pens? (Apakah kamu punya beberapa pena?)
·    I don’t have any pens. (Saya tidak punya beberapa pena.)
Ø have got (British) = have (American) = mempunyai.
Kita dapat menggunakan determiner “few”, “a few” dan many” pada nomina terhitung, misalnya:
·    I have few books. (Saya punya sedikit buku.) → sedkit dan masih kurang
·    I have a few dollars. (Saya punya sedikit dolar.) → sedikit tetapi sudah cukup
·    I have many pens. (Saya punya banyak pena.)
____________________
* Kalau ada pertanyaan, saran atau pendapat, silakan tulis di kolom Komentar di bawah ini.

* Untuk berlangganan (gratis), silakan klik“Join this site” di kolom sebelah kanan blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar